PERUSAHAAN RETAIL ‘INDOMARET’
Hai agan2 sekalian jumpa lagi dengan saya, semoga kalian bahagia selalu hehehe.. amin...
DI postingan ketiga dari blog saya yang sangat sederhana ini,
saya akan membahas mengenai pengertian perusahaan retail, dan selalu akan ada
contoh untuk melengkapi tukisan saya kali.
Dan sebagai contoh dari artikel saya tentang perusahaan
retail kali ini saya gunakan perusahaan ‘Indomaret’ mengapa saya pilih
indomaret karena perusahaan ini menurut saya sudah sangat melegenda, siapa yang
tidak tahu indomaret pasti hamper semua orang pasti mengerti tentang minimarket
yang satu ini karena keberadaanya sudah menyebar dimana mana dan sngat mudah
sekali untuk menemuinya hampir semua daerah ada. Sebelum kita mengulas lebih
lanjut mengenai Indomaret lebih baik kita mengerti terlabih dahulu mengenai
pengertian dari perusahaan retail.
APA ITU PERUSAHAAN RETAIL
Retail adalah satu atau lebih aktivitas yang menambah nilai
produk dan jasa kepada konsumen baik untuk kebutuhan keluarga atau untuk
keperluan pribadi. Banyak orang berpikir bahwa Alfamart/Indomart merupakan
retail yang sesungguhnya. Padahal berbisnis dalam dunia retail sangat menarik
karena memerlukan ketelitian. Bahkan ada yang slogan yang berkata “retail is
detail”. Slogan ini menandakan bahwa orang yang ingin berkecimpung dalam dunia
retail haruslah orang yang mau bekerja keras, kreatif serta detail dalam setiap
aktfitasnya. Retail tidak selalu berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari yang
biasa dijual di Alfamart/Indomart. Contoh Pizza Hut, McD dan KFC merupakan
contoh retail makanan yang sukses. Adapun retail mengcangkup dalam dunia jasa
seperti Air Asia, Prudential dan TIKI yang menawarkan retail dalam bentuk jasa.
Retailer
Retailer
atau eceran yaitu badan usaha yang mendistribusikan barang/jasa kepada konsumen
baik biasanya mereka menjual secara eceran. Retailer mempunyai peranan penting
baik dalam pendistribusiannya maupun mempromosikan barang tertentu. Hal apa
saja yang bisa dilakukan oleh retail?
Seperti
slogan diatas “Retail is detail”, karena retail mempunyai pengetahuan
danpengalaman lebih dalam menjual kepada konsumen.Retail Menciptakan Nilai
Lebih Barangdan JasaBayangkan jika anda ingin membuat secangkir kopi untuk
menemani anda setiap pagi. Tentu anda perlu membeli beberapa bahan seperti
kopi, gula dan krimer. Coba anda bayangkan jika anda harus pergi kesetiap
toko(produsen) untuk membeli ketiganya itu. Ditambah bayangkan berapa banyak
toko yang akan dibangun untuk membangun satu jenis produk saja. Retail
menyediakan 20.000 samapai 30.000 jenis barang dari 500 produsen dari berbagai
jenis, ukuran, merk dan harga dalam satu toko.Retail Menjual Secara Eceran
Biasanya produsen/distributor mengirim barang dalam jumlah
besar untuk menekan biaya transportasi. Hal ini tentu akan menyulitkan
konsumen, karena mereka hanya membutuhkan sedikit untuk kebutuhan sehari-hari.
Retail membantu mereka untuk membeli dari produsen/distributor dan menjual
kembali dalam jumlah yang lebih kecil. Mereka juga menyimpan barang tersebut
sehingga jika konsumen kala membutuhkan tinggal membelinya melalui
retail.Menyediakan Pelayanan (Customer Service)
Retail mempekerjakan orang agar dapat memberikan informasi
seputar produk tertentu. Para pegawai yang dipekerjakan dapat melayani konsumen
untuk membantu memilih dan menemukan produk yang diinginkan. Retailer
elektronik atau baju biasanya memerlukan pegawai yang relatif cukup banyak.
Selain itu retail juga memberikan layanan – layanan berupa kredit untuk barang
tertentu, layanan pesan antar, dan jasa lainnya sesuai dengan jenis produk yang
ditawarkan.
Memberikan Nilai Lebih
Retailer dapat memberikan nilai lebih kepada produk yang
ditawarkan, contoh untuk produk-produk DIY(Do It Yourself) seperti memasak atau
memasang pintu kamar mandi biasanya retailer menunjukkan tehnik – tehnik untuk
produk – produk tertentu. Retailer juga dapat menjadi media promosi seperti
adanya iklan-iklan di berbagai tempat di daerah toko. Untuk retailer seperti
Carefour dan Giant yang merupakan retailer besar juga dapat mengangkat brand
produk dan pendistribusian yang merata untuk produk tententu.
Sekilas retail sangatlah sederhana dalam penampilannya tapi
sebenarnya peran retail sangatlah besar karena membutuhkan proses yang detail
agar semuanya berjalan sesuai sistem.
Bisnis ritel
merupakan aktivitas bisnis yang melibatkan penjualan barang dan jasa secara
langsung kepada konsumen akhir. Pada perkembangannya, kini bisnis ritel di
Indonesia mulai bertransformasi dari bisnis ritel tradisional menuju bisnis
ritel modern. Perkembangan bisnis ritel modern di Indonesia sudah semakin
menjamur di hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari
banyaknya toko retailer modern yang membuka cabang di berbagai wilayah di
Indonesia.
INDOMARET
kita langsung membahas mengenai Indomaret sebagai perusahan
retail dan tentunya materi ini sebelumnya sudah di presentasikan oleh teman
saya di kelas ‘Tim Perusahaan Retail’ yang dibawakan oleh Muhamad Aris, Muhamad
Shobirin, dan Andika.
SEJARAH INDOMARET
Bisnis waralaba kini telah menjamur di Indonesia.
Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi
yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri
dengan tingkat kegagalan yang rendah.
Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun
untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang
mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal
mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan
berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman
Sebagai strategi ekspansi yang melibatkan modal pihak lain,
bisnis waralaba mau tidak mau harus transparan dan konsepnya saling
menguntungkan serta saling percaya di antara pewaralaba dengan terwaralaba
(franchisee). Minimal selama 5 tahun bisnis waralaba tersebut mampu membuktikan
sebagai perusahaan sehat, yang didukung oleh sistem dan format bisnis yang
telah teruji.
Bidang usaha yang relatif stabil adalah bisnis ritel. Di
Indonesia bisnis ini terus
berkembang seirama dengan kebutuhan penduduk yang
jumlahnya terus meningkat. Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan
pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Indomaret yang tetap
konsisten berkecimpung di bidang minimarket (lokal) dikelola secara profesional
dan dipersiapkan memasuki era globalisasi.
Tahun 1997 Indomaret melakukan pola kemitraan (waralaba)
dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk turut serta memiliki dan
mengelola sendiri gerai Indomaret. Pola waralaba ini ditawarkan setelah
Indomaret terbukti sehat dengan memiliki lebih dari 700 gerai , yang didukung
oleh sistem dan format bisnis yang baik.
Pengalaman panjang yang telah teruji itu mendapat sambutan
positif masyarakat, terlihat dari meningkat tajamnya jumlah gerai waralaba
Indomaret, dari 2 gerai pada tahun 1997 menjadi 1097 gerai pada Mei 2008.
Program waralaba Indomaret yang tidak rumit terbukti dapat diterima masyarakat.
Bahkan, sinergi pewaralaba (Indomaret) dan terwaralaba (masyarakat) ini
merupakan salah satu keunggulan domestik dalam memasuki era globalisasi.
Dalam mencermati bisnis baru, kadang pebisnis hanya terfokus
pada keuntungan finansial. Padahal banyak keuntungan lain yang bisa diperoleh,
khususnya yang membeli hak waralaba, dan Indomaret memberikan berbagai
keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi yang hendak memasuki dunia
wirausaha.
VISI
Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan retail waralaba
yang unggul dalam persaingan global.
MISI
Mudah dan hemat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar